Selebrasi Unas Bikin Cemas

Oleh: Miftahul Jinan, M.Pd.I, Direktur Griya Parenting Indonesia

Bagi kita para penggemar sepakbola apalagi fans berat club Barcelona sangat mengenal dengan Carles Puyol. Pemain senior Barca berambut kriwil dan sering menempati posisi center back di timnya.

Ada alasan mengapa tulisan ini melibatkan pemain tersebut. Pada laga Barcelona melawan Rayo Vallecano di markas Vallecano pada menit 77 gelandang muda Barca yang bernama Thiago Alcantara berhasil menjebol gawang Rayo. Pemain muda ini melakukan selebrasi gol bersama Dani Alves dengan berdansa “Tchu Tacha Tcha”. Aksi dua pemain tersebut mengundang sorakan para pendukung tuan rumah. Sesaat kemudian Puyol menghampiri mereka dan meminta keduanya menghentikan tarian. Dari raut wajahnya, bek senior itu terlihat marah dan kurang menyukai selebrasi gol tersebut.

Apa yang dilakukan oleh kedua pemain Barca di atas sangat sering dan wajar terjadi di dunia sepakbola, tetapi Puyol memandang bahwa apa yang dilakukan oleh kedua rekan timnya telah membuat pendukung tim lawan kurang nyaman dan berlebihan. Sehingga ia segera menghentikan tarian tersebut. Kita memang harus mengalahkan lawan, tetapi jangan sampai menghinanya.

Sebentar lagi anak-anak kita yang duduk di kelas akhir pada jenjang SMU, SMP dan SD akan segera mendapatkan hasil UNASnya. Mayoritas dari mereka memang akan lulus, tetapi ada sebagian yang lain harus menerima kenyataan tidak lulus. Sebagaimana seorang pemain sepakbola yang baru saja menjebol gawang lawan, maka ia akan melakukan selebrasi. Dan lihatlah aksi mereka yang mengetahui kelulusan ujiannya, ada selebrasi. Sebuah perayaan atas hasil kerja keras mereka.

Kita dapat mengambil pelajaran dari sikap sportif Carles Puyol untuk anak-anak kita. Bolehlah mereka melakukan selebrasi atas kelulusannya. Tetapi hindarilah selebrasi yang berlebihan dan mengganggu kenyamanan orang lain. Karena di samping kita ada sebagian anak yang belum ditakdirkan oleh Allah untuk lulus.

Apalagi sebagai orang Islam, mereka seharusnya sudah mengetahui bagaimana seorang muslim mensyukuri atas ni’mat yang mereka peroleh. Mengucapkan alhamdulillah, melakukan sujud syukur, berterima kasih kepada orang-orang yang berjasa, dan melakukan kebaikan atas ni’mat yang telah ia peroleh. Selebrasi Unas Bikin Cemas para orang tua hendaknya tak lagi dilakukan.

Selamat mempersiapkan anak untuk bijak di dalam melakukan selebrasi kelulusan mereka.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *