Tingkatkan Kualitas Keterampilan Komunikasi Guru, YPBWI Gresik Gandeng Griya Parenting Indonesia

Di tengah gempuran pandemi, Yayasan Pendidikan Bakti Wanita Islam (YPBWI) Gresik Jawa Timur selenggarakan training komunikasi pada Selasa (22/9). Sedikitnya ada 80 peserta yang turut hadir, sebagian besar adalah guru YPBWI Gresik, dan sebagian yang lain dari Lumajang, Ponorogo dan Madiun.

Dalam sambutannya, Ustadzah Choiriyah Hassan selaku Ketua Yayasan YPBWI Gresik menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi guru, sekaligus menguatkan hubungan guru dengan orangtua siswa baik selama dan sesudah masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

ypbwi-gresik

Dalam training “Membangun Komunikasi Guru yang Efektif dengan Orangtua Siswa,” Ustadz Miftahul Jinan menyinggung urgensi komunikasi. Menurutnya, komunikasi adalah cara paling efektif untuk tetap memelihara hubungan baik dan menjaga kepercayaan (trust) wali murid terhadap sekolah. Selanjutnya beliau menyampaikan prinsip-prinsip komunikasi, contoh kasus, dan alternatif solusi berdasarkan fakta serta pengalaman beliau di lapangan.

Sebagai penanggung jawab acara, Ustadz Arif Griya Parenting menuturkan bahwa training tersebut adalah bagian pertama dari tiga sesi, yakni Building Rapport, Cara Bijak Menyampaikan Kekurangan Siswa, dan Handling Complain. Dengan menyelenggarakan tiga pertemuan tersebut, maka pihak guru akan dibekali keterampilan komunikasi efektif sehingga mampu membangun hubungan yang hangat (building rapport) baik kepada siswa dan orangtua, mampu mendorong partisipasi orangtua terhadap program sekolah, cakap membuat peserta didik terbuka kepada guru, serta mampu berkomunikasi secara lisan dan tulisan dengan baik dan bijak.

ypbwi-gresik

Beliau juga menyampaikan bahwa melalui training tersebut ada pola dan strandarisasi komunikasi yang sengaja dibagun. “Pasca training, kita –Griya Parenting– meminta peserta untuk menelepon orangtua siswa, direkam, dikirim ke grup, kemudian diberi feedback oleh Ustadz Jinan. Bagian ini kita jadikan sebagai standarisasi komunikasi lembaga” tandasnya.

Training berlangsung sejak pukul 09:10 AM hingga 11:15 AM. Ustadzah Nuryum dari TK Islam Bakti 5 YPBWI selaku moderator menutup dengan pembacaan doa dan sesi foto bersama. (anh)

 

foto utama: pixabay.com

2 thoughts on “Tingkatkan Kualitas Keterampilan Komunikasi Guru, YPBWI Gresik Gandeng Griya Parenting Indonesia

  1. Masyaallah…sebuah kesempatan yg sangat bagus dalam menimba ilmu komunikasi dimasa pandemi saat ini. Semoga jd ilmu yg bermanfaat dan sukses terus utk Griya Parenting Indonesia. Tabarakallah👍👍

    • Terima kasih, Ustadzah Juwita.
      Semoga kita senantiasa mendapatkan limpahan semangat untuk selalu maju bersama-sama, mengasah sekaligus mempraktikkan keterampilan komunikasi, dan meningkatkan kualitas layanan. Amin..

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.